Monday, August 28, 2017

PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DALAM MENYUSUN ARSIP



Memilih peralatan dan perlengkapan filing Arsip merupakan dasar dari kesuksesan dalam penyimpanan dan penemuan kembali Arsip. Peralatan filing (filling equipment) merupakan  perangkat keras (seperti : Filing cabinet, rak arsip, almari arsip) yang digunakan untuk menyimpan Arsip. Perlengkapan Arsip (supplies) merupakan perangkat lunak pendukung tersimpannya arsip atktif, seperti : Folder, guide, Kartu indeks, kode label, dsb.

A. PERALATAN

Sebelum menilai untuk mempertimbangkan peralatan yang akan dipilih sebaiknya dikumpulkan informasi sebagai berikut :

     1). Tipe arsip yang disimpan. Jenis kertas atau non kertas atau kedua-duanya. Misalnya : kertas A4, Mikrofilm, Audio visual, print out computer, media optic, magnetic. Apakah arisp yang disimpan hanya kertas, atau bentuk lain utau arsip berkaitan dalam bentuk yang bermacam-macam (kertas dengan disket, audio visual, dsb). Yang disebut terakhir apakah akan disimpan dalam tempat yang sama atau secara terpisah (?)

2). Seberapa cepat arsip dapat diakses, apakah seri arsip yang satu dengan yang lain berbeda tingkat aksesnya?

3). Seberapa cepat arsip dapat ditemukan kembali (tingkat kecepatan dan ketepatan retrieval)?

4). Kemungkinan arsip dipindah tempat lain dalam suatu organisasi, dan jika ya, apakah peraltan itu cocok atau perlatan yang ada dengan mudah dipindahkan?

5). Persyaratan keamanan arsip, apakah akses terbatas pada orang tertntu, apakah arsip hanya disiap sediakan selama jam kerja dan sesudahnya harus diamankan/ disimpan ditempat yang aman?

6). Faktor lingkungan harus dipersiapkan, misal : ruangan yang bebas debu, bebas dari ancaman bahaya lain ?

7). Ruangan yang tersedia untuik peralatan, apakah ruangan dapat untuk peralatan tertentu missal : rak arsip tingkat?

Jenis-jenis Perlatan :

a). Mobile Shelving Units
      Dapat digerakan/ digeserkan baik secara manual maupun elektrik;


b). Rotary Units adalah peralatan : tempat penyimapan arsip yang dapat diputar, ini memerlukan ruangan  yang lebih sedikit dari pada Mobile Shelving diatas;



c).  Static Shelving Units
     Jika rak dengan keadaan terbuka akan memudahkan penataan berkas dan penemuan kembali Arsip. Minimum gang yang diperlukan adalah 800 mm atau 900 mm. Static Shelving Unit dapat untuk menyimpan arsip secara lateral, menyimpan binders, atau untuk menyimpan arsip dalam bentuk bermacam-macam.



B.   PERLENGKAPAN

      Dalam memilih perlengkapan maka kriteria berikut dapat dipertimbangkan :
      1. Apakah peralatan yang diperlukan siap ketika diperlukan?
      2. Apakah  perlengkapan cocok/ sesuai dengan peralatan yang tersedia?
      3. Apakah kualitas perlengkapan sudah terbukti baik atau belum diketahui?
      4. Apakah peralatan menunjang tingkat efesiensi system Kearsipan?
     5. Bagaimana perbandingan harga  perlengkapan  yang satu dengan yang lain, ini berkaitan dengan biaya yang akan dikeluarkan ?

Perlengkapan dalam pengelolaan Arsip Aktif yang digunakan antara lain :

a). Guide

     Guide adalah sekat pembatas, sebagai saran petunjuk dari bagian satu ke bagian lain, ada tiga macam Guide (Primer, Sekunder, Tertier)
  1). Guide Primer ; menunjukan bagian utama dalam file, jika Arsip masih sedikit hanya dipakai guide utama ini untuk membagi arsip dalam beberapa bagian, terletak pada posisi pertama (sub nya ada paling kiri)

  2).  Guide Sekunder; menunjukan sub bagian atau lokasi folder, terletak pada posisi kedua (tabnya ada ditempat kedua dari pinggir kiri). Menunjukan pada suatu kelompok yang mempunyai persamaan indeks menunjukan urusan kegiatan, masalah khusus.

  3).  Guide Tertier; menunjukan bagian atau lokasi folder terletak pada posisi ketiga (tabnya ada di tempat ketiga dari pinggi kiri). Menunjukan pada suatu kelompok yang mempunyai persamaan indeks menunjukan urusan kegaitan, sub masalah khusus.




b). Out Indikator

  Out Indikator adalah alat untuk mengganti arsip yang dipinjam, jenis Out Indikator sebagai berikut :
  1). Out Guide mengganti folder yang diambil (dipinjam) terbuat dari kertas yang agak tebal dengan lebel OUT di Tabnya;



  2).  Out Sheet : mengganti arsip yang dipinjam, diletakan di folder dimana arsip itu diambil. Dibuat dengan kertas biasa, ukuran dan bentuk sama dengan Out Guide.

c).  Folder

  Folder adalah alat untuk menempatkan/ meletakan arsip aktif, ada tiga macam folder :

      1). Folder Individual : berisi arsip dari satu disposisi paling kanan disusun sesuai urutan alphabetis/ nomor;
    2). Folder Khusus : berisi arsip yang menunjukan suatu kegiatan khusus, ditempatkan di posisi dalam pengaturannya. Folder khusus berisi korespondensi yang berkenaan dengan bagian dari subyek khusus, seperti :  Aplikasi (lamaran), pertama disusun berdasarkan nama koresponden, jika koresponden mempunyai lebih satu arsip maka selanjutnya diatur berdasarkan tanggal;
     3). Folder macam-macam : berisi arsip yang bermacam-macam koresponden kemudian diurutkan berdasar tanggal. Tanggal terbaru ada didepan. Folder ini diletakan paling belakang ditiap-tiap alphabet/ nomor.



Huruf dan label di Tab, judul atau label dari secari kertas yang ditempel pada tab folder. Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan : Tidak mudah rusak, jelas, mudah dibaca.

d).  Map Arsip/ File Cover
       Map Arsip/ File Cover ada beberapa tipe map tempat penyimpan arsip.
      a). Map Gantung/ Hang Map



      b). Map Snelhecter




      c). Stopmap Folio, dll



 diharpakan agar tidak menggunakan map yang dapat membuat lubang pada arsip (terlebih khusus arsip berbahan kertas) karena akan menghilangkan informasi dan merusak arsip yang terdapat didalamnya.
 
    

      e).  Tunjuk Silang
              Tunjuk Silang adalah : catatan yang menunjukan dimana suatu bahan arsip disimpan, dan ada hubungannya dengan bahan lain ditempat lain. Ada dua Tunjuk Silang, antara lain :

           1). Tunjuk Silang Langsung : digunakan untuk satu bahan/ arsip yang mengandung informasi lebih dari satu masalah. Pada umumnya diberi tanda (X)
           2).  Tunjuk Silang Tidak Langsung : menunjukan masalah yang satu dengan yang lain saling menjelaskan/ saling mendukung, pada umumnya diberi tanda (XX).

F). Daftar Isi Berkas
     Daftar isi berkas berfungsi untuk mempermudah pencarian dalam satu (1) folder yang berisi banyak berkas sehingga setiap berkas/ Arsip apabila teratur.



Sumber : Seri Bahan Pengajaran
Diklat Arsiparis Tingkat Ahli
ANRI; 2015
Respot by : DE


No comments:

Video Of Day

Ai Ngam Sorngai - Keieesche Legenden

AI NGAM SORNGAI Tomat wat ain, meman Watwarin, ni an hir neyan. Leran hir neyan ertar nur taw enfit, for erba enluruk...

Followers